Kudus City

Kota Kudus

Dahulu kota Kudus bernama Tajug, karena terdapat banyak Tajug yang menjadi tempat bersembahyang bagi umat Hindu. Kemudian kota ini menyandang nama pemberian dari Ja’far Shadiq, yang dikenal sebagai Sunan Kudus. Kudus yang berarti suci disematkan pada kota yang dianggap suci bagi warga setempat yang menganut agama Hindu. Kudus menjadi bagian dari sejarah penyebaran Islam di Indonesia, dan sebuah bukti nyata akan keharmonisan di antara perbedaan.

 

Wisata Budaya dan Religi

 

Kota Kudus terkenal dengan nuansa budaya dan spiritual yang kental. Hal ini tidak terlepas dari sejarah Kota Kudus yang menjadi bagian dari pernyebaran agama Islam di Indonesia. Beberapa landmark dan bangunan di Kota ini adalah perpaduan dari budaya Hindu, Budha, dan Islam. Sudut-sudut kotanya sarat akan nilai budaya dan spiritual. Beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi antara lain:

 

Ziarah ke Makam Tokoh Islam

 

Sejarah mencatat peran Sunan Kudus dan Sunan Muria dalam menyebarkan Agama Islam di tanah jawa. Kedua Sunan yang merupakan bagian dari Wali Songo ini dimakamkan di Kudus. Makam Sunan Kudus berada dalam kawasan Menara kudus dan Masjid Al-Azsha. Sementara Sunan Muria dimakamkan di Gunung Muria, yang berada di sebelah utara Kota Kudus. Selain itu Anda juga bisa berkunjung ke objek wisata alam Rejenu yang terletak di sebelah utara makam Sunan Muria, tepatnya di atas objek air terjun Montel. Di tempat ini terdapat makam Syeh Sadzali, salah satu murid Sunan Muria yang konon berasal dari Irak.

 

Wisata napak tilas ini menarik banyak wisatawan untuk merasakan langsung perjalanan spiritual dan melihat jejak penyebaran Islam di masa lalu.

Masjid Menara Kudus